Free Lines Arrow

12 August 2014

CatPer: Get Lost in Wonosobo - Gunung Prau, Dieng

Penat skripsi, ya itu yang jadi motivasi buat traveling kali ini, disaat kentang banget abis seminar proposal dan harus lanjut garap bab selanjutnya biar skripsi cepet kelar, gw mending jalan-jalan dulu deh masa bodo dengan rutinitas yang bikin penat itu daripada lo gila mikir serius terus, ya mending jalan-jalan ke kota/daerah yang belum pernah lo kunjungin sebelumnya. Dengan modal nekat, sedikit referensi, tak paham arah, dan ongkos seadanya kita berangkat!

Sekilas tentang Wonosobo
Kabupaten Wonosobo adalah sebuah kabupaten di Provinsi Jawa Tengah. Ibukotanya adalah Wonosobo. Kabupaten Wonosobo berdiri 24 Juli 1825 sebagai kabupaten di bawah Kesultanan Yogyakarta seusai pertempuran dalam Perang Diponegoro. Sebagian besar wilayah Kabupaten Wonosobo adalah daerah pegunungan. Bagian timur (perbatasan dengan Kabupaten Temanggung) terdapat dua gunung berapi: Gunung Sindoro (3.136 meter) dan Gunung Sumbing (3.371 meter). Daerah utara merupakan bagian dari Dataran Tinggi Dieng, dengan puncaknya Gunung Prau (2.565 meter). Di sebelah selatan, terdapat Waduk Wadaslintang. Ibukota Kabupaten Wonosobo berada di tengah-tengah wilayah Kabupaten, yang merupakan daerah hulu Kali Serayu. Wonosobo dilintasi jalan provinsi yang menghubungkan Semarang-Purwokerto.


Sekilas tentang Dieng
Dieng adalah kawasan dataran tinggi di Jawa Tengah, yang masuk wilayah Kabupaten Banjarnegara dan Kabupaten Wonosobo. Letaknya berada di sebelah barat kompleks Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing. Dieng adalah kawasan vulkanik aktif dan dapat dikatakan merupakan gunung api raksasa dengan beberapa kepundan kawah. Ketinggian rata-rata adalah sekitar 2.000 m di atas permukaan laut. Suhu berkisar 15-20°C di siang hari dan 10°C di malam hari.
Gunung Prau adalah sebuah gunung yang terdapat di Dataran Tinggi Dieng. Merupakan salah satu puncak di Dataran Tinggi Dieng selain Gunung Sipandu, Gunung Pangamun-amun, dan Gunung Juranggrawah. Memiliki ketinggian 2.565 meter di atas paras laut. Gunung Prau termasuk gunung dengan puncak terluas di indonesia.


The adventures started here, let's check this out!

Kamis, 19 Juni 2014
Jam 16:40 dari Bandung berangkat berdua bareng temen dari terminal Cicaheum naik langsung bus Budiman jurusan Bandung – Wonosobo, langsung naik bus aja ga usah pake beli tiket dulu, ntar tiket dikasih di dalem bus, ongkos 80 ribu perjalanan semaleman. Pas jam 22:00 bus berhenti dulu nih ceritanya di Rumah Makan Cagar Alam, Ciamis. Dikasih makan kita coy makan gratis (ga gratis sih sebenernya, kan udah termasuk paket dari tiket bus), semangat banget nih kebetulan perut udah keroncongan belum sempet isi makanan dari sore. Model rumah makannya sih prasmanan menunya ada ayam fillet, ayam kecap, udang, ikan, jeroan, dan sayur macem-macem, menu standar (klo mau gratis ga bayar tambahan) nasi + lauk + sayur + teh tawar. Ada hasrat untuk ambilin satu-satu lauk dan sayurnya, tapi untung aja waktu itu lagi rada waras, jadi bisa berfikir jernih karena insting anak kos lagi ga keluar dan gw kan liat orang sebelah pada ngambil makanannya seperti aturan yang berlaku, kirain gw sih tadinya lauk sebanyak itu bebas boleh di hajar semua bray! (padahal ada ditempel menu standar tapi gw ga baca). Di jalan pemandangannya gelap ga keliatan ada pemandangan indah, udah gitu kondisi jalanan meliuk-liuk ekstrim dengan kecepatan bus yang lumayan aja ga terlalu kenceng, skip!

Jum’at, 20 Juni 2014
Sampe juga di Wonosobo tepatnya di Terminal Mendolo jam 4:00. Sial juga pagi buta gini udah sampe aja, mau ngapain coba?? Soalnya kita udah janjian ketemuan sama temen-temen dari Jogja dan Jakarta di terminal sore harinya, sedangkan kita sampe di terminalnya pagi buta. Yaudah deh stay di terminal dulu sholat shubuh, sarapan, boker, dan ngebangke ga jelas. Terminalnya sepi bray, kirain gw selama ini mah terminal itu isinya orang-orang yang serem macem copet, calo, preman. tapi ternyata anggapan gw itu salah, malah disana orangnya baik-baik dan ramah ga kayak di kota-kota besar yang selama ini gw kunjungin.

Terminal Mendolo

Entrance Terminal Mendolo

Tempat nangkring kaya' orang ilang

Buat ngabisin waktu kita ngopi dan sarapan dulu di warungnya Bu Sri, nama warungnya Warung Makan Bu Sri Rejeki, sederhana aja sih warungnya. Ngobrol-ngobrol santai sama bapak/ibu yang punya warung yang udah berumur sembari ngopi, ngomongin tentang kehidupan, anak cucu, sekolah, kerjaan, bisnis, banyak! Waktu lagi ngobrol disamperin sama mamas-mamas yang kerjaannya di terminal, namanya Mas Gendut (tapi ga gendut orangnya), ditawarin carter mobil bus kecil buat ke Patakbanteng untuk ngangkut pasukan yang berjumlah 16 orang, yang per orang ongkosnya ditawarin 15 rebu. Setelah negosiasi sama temen-temen yang belum sampe, kita memutuskan untuk ambil carteran mobil bus itu, lumayan lah antisipasi daripada nanti jam-jam sore baru pada kumpul udah ga ada mobil angkutan lagi kan bingung.

Fajar telah menyingsing, dan diputuskan buat jalan-jalan dulu ke kota Wonosobo. Sebelum itu mau nyari losmen dulu buat istirahat sebentar dan naro barang, tanya-tanya warga sekitar katanya deket terminal ada penginapan murah. Jalan kaki jauh buat cari penginapan yang diimpikan sampe yang keliatan cuma sawah doang dan alhasil nihil, padahal ada hotel melati dideket terminal tapi ga diambil akibat liat luarnya aja udah lumayan bagus yang menandakan harganya juga mahal (padahal setelah itu tanya katanya sih ngga mahal *nyesel). Akhirnya naik angkot buat nyari losmen yang diimpikan itu, angkot pertama yang dinaiki ternyata langsung salah jalan alias nyasar, naik angkot puter balik lagi deh (untung jalanannya cuma lurus ga ada belokan) dan memutuskan cari losmen di kota aja.

Sampe di kota Wonosobo sebelumnya jalan muter-muter dulu cari penginapan murah. Ketemu! Check-in jam 8:00 pagi di hotel Famili, Jalan Sumbing (klo ga salah inget) lokasi strategis lah sama alun-alun pusat kota dan sekitarnya. Harga yang dipatok untuk kamar biasa double bed & kamar mandi luar cuma 60 ribu/hari. Bangunan hotelnya klasik ala rumah Jawa, kamarnya juga klasik dan cukup sederhana. Penampakan kamarnya kayak di samping ini.

Daripada bete cuma mendekam di hotel jadinya cari objek wisata di sekitar kota via googling dan nemu pemandian air panas Kalianget, arah Jalan Dieng ke utara kota, itung-itung sekalian mandi kan belum mandi seharian.

Jam 8:15 langsung aja cabut ke Kalianget naik angkot kuning bumper ijo, jurusan Wonosobo – Garung. Sampe di Kalianget beli tiket masuk 2000/orang, ada dua jenis pemandian yaitu kolam pemandian umum, sama pemandian bathtub buat perorangan. Karena waktu ke sana pemandian kolam lagi direnovasi akhirnya mandi di bathtub aja deh daripada ga mandi. Kesan pertama liat bangunan pemandian bathtub hawanya rada serem mirip kayak Silent Hill, apalagi masih pagi masih sepi belom ada yang jaga, jadi pengunjung pertama, dan hampir ga mau jadi mandi karena hawanya serem ga meyakinkan, tapi ya setelah itu dipaksakan aja. Bayar mandi durasi 15 menit tiketnya 3000 rupiah, kalo kelamaan mandi bisa pingsan ini mah airnya panas-panas anget rasa belerang. Maaf ga ada gambar gw lagi mandi.

Buat beli permen aja cuma dapet berapa biji

Entrance Kalianget (muka kami samarkan)

Balik dari Kalianget jam 9:30 naik angkot mau jalan ke alun-alun kota yang ada lapangan yang cukup luas, dipinggiran lapangan ada kayak pendopo dan banyak pohon-pohon tua yang gede menghiasi alun-alun kota, pemandangan yang cukup asri. Nggak lupa nyobain kuliner khas Kota Wonosobo yaitu tempe kemul, geblék, mie ongklok, dan purwaceng (sejenis minuman tradisional tapi ga sempet nyoba). Sebelum itu jalan kaki muter-muter nyasar ga tau arah dari segala penjuru mata angin sambil tanya-tanya tempat rekomendasi mie ongklok yang paling enak, akhirnya nyobain mie ongklok dan sate Bu Umi, alamatnya di Jalan Masjid, no. 6, sekitar alun-alun lah. Kalo makan mie ongklok itu temennya sate sapi, tempe kemul, harga satu porsi mie ongklok 8000 dan sate sapi 15000, ya worth banget lah sama rasanya yang enak. Abis itu karena hari jum’at, ya jum’atan dulu di Masjid Agung Wonosobo, seperti masjid agung lainnya, masjid ini termasuk cukup gede. Sehabis jum’atan jam 13:00 pulang ke hotel jalan kaki hampir nyasar lagi, tidur siang dulu ngumpulin tenaga dan siap-siap buat sore nanti.

WONOSOBO ASRI

Alun-alun Kota Wonosobo

Tempe kemul & geblék

Mie Ongklok andalan + sate sapi mantep!

Jam setengah lima sore check-out dan ngangkot berangkat ke terminal Mendolo lagi. Sampe sana ternyata temen dari Jakarta bertiga udah sampe duluan nungguin yang lainnya, dan sebelum maghrib mobil bus kecil carteran udah nungguin. Temen dari Jogja baru sampe terminal sekitar jam tujuh, yah lumayan ngaret ini mah dari waktu janjian awal. Sebelum berangkat sarapan ngopi-ngopi dulu lah, kondisi cuaca waktu itu lagi ujan deres, sempet ngerasa agak pesimis juga mau naik tapi ujan takut di atas kondisi medan pendakian becek licin, akhirnya berangkat ke Patakbanteng jam 20:00 naik bus carteran tadi.


Via jalur Patakbanteng

Perjalanan bus sekitar 45 menitan ke pos pendakian Gunung Prau di Jl. Dieng Km. 24, Patakbanteng, Kejajar. Sampe sana udara dingin udah menyambut kami tapi kondisi cuaca di sana nggak ujan ternyata sodara-sodara. Di basecamp kami siap-siapin peralatan tempur yang mau dipake dan packing ulang barang bawaan, registrasi pendakian dulu di sekretariat. Akhirnya rombongan berangkat naik berjamaah sekitar jam sepuluh malem dan tidak lupa kita berdoa dulu untuk keselamatan.


Start awal kita rombongan lewatin gang rumah-rumah warga dan ikutin petunjuk ke arah jalur pendakian. Jalan pertama yang kita lewatin itu banyak anak tangga yang tinggi dan curam, lumayan bikin ngos-ngosan juga lah pemanasan awalnya. Tapi sebelum lewatin anak tangga itu satu orang dari rombongan kami tereliminasi menyerah tidak melanjutkan perjalanan lagi (lagi ngga fit), dianterin ke bawah lagi deh sama mas Singgih sang sweeper ulung. Perjalanan terus dilanjutkan walaupun teman kita tereliminasi. Selanjutnya kita lewat perkebunan warga yang ditanami kentang dan kubis dengan jalan setapak yang tekstur tanahnya cenderung licin dan tanjakan terjal. Jalan ke atas makin lama makin terjal, sering kali jatuh bangun karena kepeleset. Sampai di pos tiga jalanan mulai diselingi sama batu-batuan yang bisa ngebantu untuk dijadiin pijakan kaki dan tentunya tambah terjal.


Sabtu, 21 Juni 2014
Kami semua sampai di camp area Gunung Prau yang tingginya 2565 mdpl jam dua malem, ya lumayan lama dari waktu normal pendakian, soalnya banyak dari rombongan kami pendaki pemula, dari awal juga udah pada sepakat untuk nyantai aja naiknya yang penting sampe. Sampe camp area tentunya ngediriin tenda dulu, ternyata udah rame banyak tenda yang berdiri duluan. Sembari menghabiskan malam ada yang ngobrol-ngobrol, tidur, nyanyi, dll.

Sekitar jam setengah lima bangun siap-siap liat sunrise yang udah ga sabar menyambut kami semua. Beruntungnya kita karena dapet cuaca yang bagus walau agak ketutup awan untuk liat sunrise. Walaupun Gunung Prau nggak setenar dibanding sama gunung tetangganya yaitu Sindoro, Sumbing, Merapi, Merbabu yang kelihatan di puncak, tapi pesonanya itu ga kalah keren kok. Liat aja sendiri! Awas mupeng & iri!

Pagi buta, dari Prau bisa liat 4 gunung ini loh

Dari kiri ke kanan: Merbabu - Merapi - Sumbing - Sindoro

I feel free...

Sunrise go on!

Mulai beranjak cerah

Sunrise at Bukit Teletubbies *biasanya orang nyebut begitu karena agak mirip

 Amazing, right?

Gunung Sindoro & Sumbing yang perkasa

 We are Cicak Gunung!

Sehabis puas menikmati sunrise dan foto-foto ga lupa kita nyiapin sarapan untuk dimakan rame-rame. Sepiring ber-tiga/empat cukup kok yang penting happy walaupun cuma nasi ikan asin alakadarnya.

Turun dari gunung sekitar jam sepuluh menjelang siang hari. Perjalanan turun lebih cepet dan lebih asyik karena cuaca cerah bisa liat pemandangan sekitar yang amazingly awesome. Sebelum ke basecamp kami mampir dulu ke warung yang kebetulan ada di pinggir tangga pendakian pertama untuk menikmati segelas carica alami buatan penduduk setempat. Kalo dibandingin sama carica yang udah dikemas bermerek menurut gw sih lebih lezat buatan warung ini, masih alami seger buahnya belum dicampur pemanis yang aneh-aneh. Sampe basecamp istirahat dulu leyeh-leyeh sambal laporan di sekretariatnya, ruang basecamp penuh banyak orang yang mau naik atau abis turun.

Turun-turun dari puncak gunung, ada kelihatan Telaga Warna 

Carica seger bray!

Abis itu lupa jam berapa kami memutuskan balik ke wonosobo persiapan mau pulang. Tadinya sih mau ke Telaga Warna, tapi karena kendala waktu jadinya batal, takut kemaleman dan bus pulang menuju kota masing-masing udah abis ga ada yang sisa. Kebetulan kami rombongan dapet tumpangan pak sopir yang sebelumnya ngangkut kami ke Patak Banteng, rundingan sama pak sopir anterin ke tempat makan mana gitu di Wonosobo kota sebelum labas ke terminal Mendolo.

Habis makan kami dari Bandung berpisah sama rombongan Jogja & Jakarta, cuz berhubung bus terakhir mereka lebih cepet dari bus terakhir ke Bandung jam yang setengah tujuh malem dan waktu masih luang ditambah badan kecut belum mandi, jadi diputuskan balik lagi ke Kalianget buat mandi air anget deh, represing ngebuang capek. Perjalanan ke Kalianget beda kayak sebelumnya, kali ini lebih keren, numpang nebeng sama bus AKAP kenalan pak sopir yang kebetulan kosong mau pulang ke pangkalan, jadi ga bayar dong dan cepet sampe. Sampe TKP kebetulan rame sama anak-anak SD, setelah giliran mandi langsung nyemplung bathtub air belerang anget copot baju, copot celana, copot skip…

Abis itu sekitar jam ­­­­setengah lima cari angkot buat ke terminal Mendolo. Sampe terminal ya ngopi-ngopi makan dulu di warung si Ibu Sri, ambil titipan barang sekalian beli oleh-oleh carica dua dus, satu dus isi 24 biji carica yang udah dibikin manisan. Naik bus Budiman jurusan Bandung sekitar jam tujuh malem, kebetulan bareng anak dari Bandung juga yang naik Prau juga. Sampe Bandung terminal Cicaheum sekitar jam setengah enam, sambil gendong tas carrier sama kerdus carica cari angkot buat pulang balik ke habitat asal. Yah ternyata ga percaya the great adventures has been ended here. Goodbye Mountain Prau, I love you, gonna miss wonderful of you! Suatu hari nanti semoga bisa balik lagi nikmatin keindahannya yang seriously bikin nagih! <END>

0 comments:

Post a Comment